Kamis, 02 Januari 2014

Tata Surya

Tata Surya
          Tata surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut matahari dan semua obyek terkait oleh gaya gravitasinya.

  • Tata Surya Terbagi Atas
- Inti Tata Surya

1. Matahari

Matahari
          Matahari adalah induk tata surya dan merupakan komponen utama sistem tata surya ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa bumi. Massa yang besar menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk bisa mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan sejumlah energi yang dasyat.

- Planet
          Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya. Planet yang dekat dengan bumi dapat kita lihat setiap hari dengan mata telanjang seperti planet venus yang disebut orang sebagai bintang fajar.

1. Merkurius

Planet Merkurius
          Merkurius adalah planet terdekat berjarak 57,9 juta km/ 0,4 SA dari matahari serta juga terkecil 0,055 massa bumi. markurius tidak memiliki satelit alami.


2. Venus


Planet Venus
          Venus adalah planet dengan 108 juta km/ 0,7  SA dari matahari berukuran mirip dengan bumi (0,815 massa bumi) dan seperti bumi venus memiliki selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi, atmosfernya juga tebal dan memiliki aktifitas geolog.

3. Bumi


Planet Bumi
         Bumi merupakan planet dengan jarak 150juta km/1 SA dari matahari. Adalah planet bagian dalam yang terbesar dan terdapat, satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki makhluk hidup. Hidrosfernya yang cair adalah khas di antara planet-planet kebumian dan juga merupakan satu-satunya planet yang diamati memiliki lempeng tektonik. Atmosfer pbumi sangat berbeda dibandingkan dengan planet-planet lainnya, karena dipengaruhi oleh keberadaan makhluk hidup yang menghasilkan 21% oksigen. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan satu-satunya satelit besar dari plnet kebumian di dalam tata surya.

4. Mars

Planet Mars
         Mars merupakan planet dengan jarak 228 juta km/1,5 SA dari matahari. Adalah planet berukuran kecil dari bumi dan venus (0,107 massa bumi). Planet ini memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah kobondioksida. Permukaan mars yang dipenuhi gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons dan lembah retakan seperti Valles Marineris, menunjukkan aktivitas geologis yang terus terjadi sampai baru belakangan ini. Warna merahnya berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi. Mars mempunyai dua satelit alami kecil (Deimos dan Phobos) yang diduga merupakan asteroid yang terjebak grafitasi mars.

Klik Next untuk melanjutkan artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar