Kamis, 09 Januari 2014

Polip Pengobatan Polip

<< Back Kembali ke artikel sebelumnya.

          Polip Menyebabkan penyumbatan hidung karena itu penderita sering kali mengeluhkan adanya penurunan fungsi penciuman. Karena indra perasa berhubungan dengan indra penciuman, mak penderita juga mengalami penurunan fungsi indra perasa.
         Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunya lendir didalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi, dan akhirnya menyebabkan terjadinya sinustis. Pada anak-anak polip akan menyebabkan suara menjadfi sangau sehingga mereka harus bernafas melalui mulut.
          Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala klinis dan hasil pemeriksaan fisik. Obat semprot hidung yang mengandung kartikosteroid dapat diberikan dan bisa memperkecil ukuran poli, bahkan menghilanganya. Pembedahan juga bisa menjadi pilihan jika :

  • Polip menghalangi saluran pernafasan.
  • Polip menghalangi saluran/drainase sinus.
  • Polip berhubungan dengan tumor.
          Polip cenderung tumbuh kembali jika penyebabnya (alergi maupun infeksi) tidak terkontrol atau tidak diobati. Pemakaian obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid bisa memperlambat atau mencegah kekambuhan. Namun, jika kekambuhan bersifat benar, sebaiknya dilakukan pembedahan untuk memperbaiki drainase sinus dan membuang jaringan yang yang terinfeksi.

Bahaya Polip

         Polip atau tonjolan daging yang jinak pada rongga hidung ternyata memiliki cukup banyak komplikasi yang mengikuti Tak hanya akan mengakibatkan peradangan sinus atau sinusitis, polip juga bisa merusak struktur tulang penderitanya.
         Keberadaan polip yang tidak segera diatasi bisa mengakibatkan sinusitis atau peradangan sinus yakni rongga hidung dan sekitar mata. Peradangan tersebut cukup berbahaya dan bisa berdampak pada kerusakan mata serta radang otak atau meningitis.
        Sinusitis sebagai akibat munculnya polip pada hidung itu sendiri terjadi karena sekret atau cairan tak bisa keluar dari rongga hidung dan justru tertahan didalamnya. Endapan sekret itu kemudian menjadi area yang bagus berkembangnya kuman kuman penyakit. Hal itulah yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada sinus atau sinusitis.

Klik Hidung Untuk melihat artikel awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar