Sabtu, 04 Januari 2014

Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Planet Kerdil

5. Jupiter

Planet Jupiter
          Jupiter merupakan planet dengan jarak 779 juta km/ 5,2 SA dari matahari dengan 318 kali massa bumi adalah 2,5 kali massa dari gabungan seluruh planet lainya. Kandungannya adalah hidrogen dan helium. Sumber panas di dalam Yupiter menyebabkan timbulnya beberapa ciri semi-permanen pada atmosfernya, sebagai contoh pita-pita awan dan Bintik Merah Raksasa. Sejarah yang diketahui Yupiter memiliki 63 satelit. Empat yang terbesar Ganymede, Callisto, Lo, dan Europa menampakkan kemiripan dengan planet kebumian, seperti gunung berapi dan inti yang panas. Ganymede, yang merupakan satelit terbesar di tata surya berukuran lebih besar dari Merkurius.

6. Saturnus

Planet Saturnus
          Saturnus merupakan planet dengan jarak 1.430 juta km/9,5 SA dari matahari yang dikenal dengan cincinnya, memiliki beberapa kesamaan dengan Yupiter, sebaga contoh komposisi atmosfernya. Meskipun Saturnus hanya 60% volume Yupiter, planet ini hanya seberat kurang dari sepertiga Yupiter atau 95 kali massa bumi, membuat planet ini sebuah planet yang paling tidak padat di tata surya. Saturnus memiliki 60 satelit yang diketahui sejauh ini dan 3 yang belum dipastikan dua diantaranya Titan dan Enceladus, menunjukan activitas geologis, meski terdiri hanya dari es saja. Titan berukuran lebih besar dari Merkurius dan merupakan satu-satunya satelit di tata surya yang memiliki atmosfer yang cukup berarti.

7. Uranus

Planet Uranus
         Uranus merupakan planet dengan jarak 2.880 juta km/19,6 SA dari matahari yang memeiliki 14 kali massa bumi, adalah planet yang paling ringan diantara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengintari matahari dengan poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini memiliki inti yang sangat dingin dibandingkan gas raksasa lainya dan hanya sedikit memancarkan energi panas. Uranus memiliki 27 satelit yang diketahui, yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda.

8.Neptunus
Planet Neptunus
          Neptunus merupakan planet dengan jarak 4.500 juta km/30 SA dari matahari meskipun sedikit lebih kecil dari uranus, memiliki massa 17 kali massa bumi, sehingga membuat lebih padat. Planet ini memancarkan panas dari dalam tetapi tidak sebanyak Yupiter atau Saturnus. Neptunus memiliki 13 satelit yang diketahui. Yang terbesar Triton, geologinya aktif dan memiliki geyser nitrogen cair. Triton dalah satu-satunya satelit besar yang orbitnya terbalik arah (retrogade). Neptunus juga didampingi beberapa planet minor pada orbitnya, yang disebut Trojan Neptunus . Benda-benda ini memiliki resonansi 1:1 dengan Neptunus.

- Planet Kerdil
Orbit Planet Kerdil
Dwarf Orbit Planet Kerdil
          Sejak tahun 2008 ada 5 obyek angkasa yang diklasifikasi sebagai planet kerdil. Orbit planet kerdil di belakang Neptunus. Obyek planet kerdil kecuali ceres berada jauh dari Neptunus. Kelima planet tersebut yaitu :

1. Ceres
Ceres
        Ceres merupkan benda langit berada di serbuk asteroid dulunya planet ke-5 jarak 415 juta km dari matahari. adalah satu-satunya planet katai di Tata Surya Dalam. Ceres merupakan benda langit berbatu dan ber-es dengan diameter sebesar 950 km dan merupakan planet katai terkecil yang pernah ditemukan. Massa Ceres meliputi sepertiga massa sabuk Asteroid. bukan merupakan planet kerdil karena letaknya jauh dari Neptunus.

2. Pluto

Planet Pluto
          Pluto merupakan planet dalam tata surya yang terkecil dan paling jauh 5.906 juta km dari matahari. Planet ini masih dalam misteri dan masih di teliti pada tangal 7 september 2006 nama pluto diganti dengan angka "134340". Dulunya planet ke sembilan dan sekarang planet ini bukan merupakan planet kesembilan. dan menjadi bagian dari planet kerdil.

3. Haumea
Haumea
         Haumea merupakan bagian planet kerdil dengan jarak 6.450 juta km dari matahari. Secara resmi disebut (136108) Haumea dan sebutan sementara (136108) 2003 EL61 adalah planet katai di sabuk Kuiper, secara kasar sekitar sepertiga massa Pluto.

4. Makemake
Makemake
          Makemake merupakan bagian dari planet kerdil dengan jarak 6.850 juta jm dari matahari. Secara resmi disebut (136472) Makemake, adalah planet katai di Tata Surya yang terletak di sabuk Kuiper. Diameter planet katai ini kira-kira sekitar tiga per empat Pluto. Makemake tidak memiliki satelit. Rata-rata suhunya yang sangat rendah (sekitar 30 K) menunjukkan bahwa lapisan Makemake terdiri dari metana, etana dan kemungkinan es nitrogen.

5. Eris
Eris
          Eris merupakan bagian dari planet kerdil dengan jarak 10.100 juta km dari matahari. Nama resmi  (136199) Eris sebelumnya dikenal sebagai 2003 UB313 dan juga Xena) adalah sebuah planet katai yang ditemukan pada hari Jumat, 29 Juli 2005 oleh tiga astronom dari Amerika Serikat, Profesor Mike Brown dan koleganya dari Institut Teknologi California (Caltech), yang juga menemukan beberapa objek-objek serupa planet pada area Sabuk Kuiper.
          Awalnya diklaim oleh penemunya sebagai sebuah planet (namun status "planet katai" kemudian diterima), Eris sangat dingin, berbatu-batu dan lebih besar daripada Pluto. Eris diketahui mempunyai sebuah satelit, Dysnomia, yang ditemukan pada 10 September 2005.


Klik Next untuk melanjutkan artikel tentang Tata Surya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar