Senin, 30 Desember 2013

Macam-macam penyakit pada hidung

<< Back artikel sebelumnya.

Macam-macam penyakit pada hidung :

1. Salesma (Cold) dan Influenza (Flu)
Influenza
     
         Selesma dan influenza merupakan kondisi saat alat pernafasan yang terinfeksi oleh virus. Umumnya menyebabkan batuk, pilek, sakit leher, terkadang panas, dan sakit pada persendian. pada anak kecil biasanya diiringi dengan gejala mencret ringan.
          Hindari mengunakan penicilin, tetracilin atau atau anti biotika lainya. karena jenis obat ini tidak menyembuhkan salesma dan influenza, bahkan dapat menimbulkan bahaya. penyakit ini hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat.

2. Peradangan Hidung Akibat Alergi (Rhintis Allergica)
Peradangan Hidung Akibat Alergi (Rhintis Allergica)
        Rhintis Allergica bisa disebabkan reaksi alergi pada hidung karena masuknya substansi asing dalam saluran tenggorokan. Anda bisa mengunaka anthistamin seperti chlorpheniramine, dimenhydrinate. Sebagai pencegahan, ketahuilah penyebab terjadinya alergi, apakah debu, bulu ayam, jamur, tepung sari bunga, dan lainya ? lalu hindari benda-benda pemicu alergi tersebut.

3.  Hidung tersumbat (Pilek)


Hidung Tersumbat (Pilek)
         Alergi atau selesma bisa menjadi penyebaba hidung tersumbat atau pilek. Pada anak-anak, banyak lendir dalam hidung bisa menyebabkan infeksi telinga. Sedangkan pada orang dewasa, lendir berlebihan menyebabkan ganguan sinus atau peradangan gawat dan berlangsung lama di rongga tulang yang berhubungan dengan hidung.

4. Ganguan Sinus (Sinusitis)
Ganguan Sinus (Sinusitis)
     Sinusitis atau peradangan sinus yang terjadi pada rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung. Jika kondisi sudah memasuki tahap gawat biasanya terjadi dalam setahun. Sinusitis memiliki tanda-tanda berikut :

  • Terasa sakit di wajah, khususnya sekitar mata. terlebih ketika penderita mengetuk tulang atau menundukkan kepala.
  • Hidung sering tersumbat karena adanya nanah atau ingus yang kental.
  • Terkadang disertai panas.

5. Polip
Polip
         Polip adalah pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Penyebab terjadinya pilip tidak diketahui, tetapi sejumlah polip tumbuh karena ada pembengkakan akibat infeksi. Polip sering ditemukan pada penderita :
  • Rintis Alergika
  • asma
  • Sinusitis Kronis
  • Fibrosis Kistik
         Polip biasaya tumbuh di daerah dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan, seperti dawrah disekitar lubang sinus pada rongga hidung. Ketika baru terbentuk sebuah polip tampak seperti air mata, dan jika telah matang, bentuknya menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Klik Next untuk melanjutkan artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar