Rabu, 25 Desember 2013

Alat Indra Manusia

         Alat indra adalah alat-alat tubuh yang berfungsi mengetahui keadaan luar. Alat indra manusia disebut panca indra karena terdiri atas :

1. Indra Penglihatan (Mata)



          Mata adalah alat indra yang digunakan untuk melihat suatu obyek.

Penjelasan lebih lanjut klik next



2. Indra Pendengaran (Telinga)



          Telinga adalah panca indra yang digunakan untuk mendeteksi/mendengarkan suara. Juga digunakan untuk keseimbangan dan posisi tubuh.

Penjelasan lebih lanjut klik next

3. Indra Pembau/Pencium (Hidung)


          Hidung adalah benjolan pada wajahyang merupakan panca indra yang berfungsi untuk untuk merasakan bau di sekitar kita. Selain itu, hidung juga digunakan untuk menyaring udara yang masuk saat bernafas.

Penjelasan lebih lanjut klik next

4. Indra Pengecap (Lidah)


         Lidah adalah salah satu indra pengecap yangberfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda yang masuk ke mulut. Seperti rasa pahit, manis, asam, dan asin. bagian lidah yang merasakan rasa asin bagian depan, rasa asam bagian sebelah samping, rasa manis bagian tepi, dan bagian lidah yang merasakan pahit bagian belakang.

Penjelasan lebih lanjut klik next

5. Indra Peraba (Kulit)


          Kulit adalah bagian paling luar dari jaringan tubuh kita/ lapisan terluar tubuh manusia. Kulit membungkus tubuh manusia. pada saat kulit terkelupas, rasa perih menyengat. Hal itu menunjukkan betapa kulit selain membungkus tubuh juga memberikan perlindungan bagi jaringan-jaringan di bawahnya. Pada tubuh kita, kulit meliputi seluruh jaringan kulit secara umum, termasuk kulit wajah.

Penjelasan lebih lanjut klik next

Tidak ada komentar:

Posting Komentar