Jumat, 20 Desember 2013

Otak

Otak Manusia
             Otak adalah pusat sistem syaraf, otak manusia memiliki 1350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan dan suhu tubuh.



  • Bagian-bagian Otak dan Fungsinya



- Cerembrum (Otak Besar)
Otak Besar 
         Cerembrum atau korteks adalah bagian terbesar dari otak manusia. yang berhubungan dengan fungsi otak yang lebih tinggi seperti pikiran dan tindakan. korteks dibagi menjadi empat bagian yang disebut "lobus" :
1. lobus frontal
       Berfungsi untuk penalaran, perencanaan, bagian bicara, gerakan, emosi, pemecahan masalah.
2. lobus pariental
       Berfungsi untuk gerakan, persepsi, pengenalan orientasi, dan rangsangan.
3. lobus oktimal
      Berfungsi untuk pemrosesan visual.
4. lobus temporal
      Berfungsi untuk persepsi dan pengenalan rangsangan pendengaran, memori, dan bicara.
Otak Kecil 

- Otak Kecil (Cerebellum)
         Mirip dengan otak besar, dalam hal ini memiliki dua belahan otak dan memiliki permukaan yang sangat terlipat atau korteks. struktur ini berhubungan dengan pengaturan dan koordinasi gerakan, postur, dan keseimbangan.

- Sistem Limbik (Otak Emosional)
      Dityemukan terkubur di dalam otak besar. Sistem ini berisi: 

1. thalamus
     Merupakan sebuah massa besar dari materi abu-abu terletak mendalam di otak bagian depan di bagian paling atas dari diencephalon. Strukturini memiliki fungsi sensorik dan motorik.
2. hypotalamus
     Merupakan bagian dari diencephalon vertal ke talamus. Struktur ini terlibat dalam fungsi homeostasis, emosi, kehausan, kelaparan, iramasirkadian, dan kontrol dari sistem saraf otonom. Selain itu, ia mengendalikan hipofisis.
3. amigdala
     Merupakan bagian dari telencephalon, yangterletak di lobus temporal, yang terlibat dalam memori, emosi, dan ketakutan. Amigdala terletak di bawah permukaan bagian depan, sebelah medial dari lobus temporal dimana menyebabkan tonjolan di permukaan disebut uncus (komponen dari sistem linbik)
4. hippocampus.
     Merupakan bagian dari otak hemispher di bagian sebelah medial basal dari lobus temporal. Ini bagian dari otak yang penting untuk belajar dan memori, untuk mengubah memori dalam jangka pendek ke memori lebih permanen, dan untuk mengingat hubungan spasial.

- Batang Otak
        Di bawah sistem limbik terdapat batang otak. Struktur ini bertanggung jawab untuk fungsi dasar kehidupan vital seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah.

- Mesencephalon (Otak Tengah)
        Otak tengah terletak terletak di bagian rostral dari batang otak yang meliputi tercantum dan tegmentum. Otak tengah terlibat dalam fungsi seperti penglihatan, pendengaran, gerak mata, dan gerak tubuh.

- Pons
        Bagian dari metencephalon  di otak belakang. Bagian ini terlibat dalam kontrol motor dan analisis sensorik. Misalnya informasi dari telinga pertama memasuki otak di pons.

- Medulla
         Struktur ini merupakan bagian ekor sebagian besar batang otak antara pons dan sumsum tulang belakang. Medulla ini bertangung jawab untuk menjaga fungsi tubuh yang vital seperti pernapasan dan jantung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar